Minggu, 31 Juli 2011

Selangkah Lagi Rahmad Darmawan Resmi Latih Persib?

*INILAH.COM, Bandung - Teka-teki siapa pelatih Persib musim depan makin terkuak. Meski belum ada pengumuman resmi, Persib sepertinya bakal meminang Rahmad Darmawan (RD).

Manajer Persib Umuh Muchtar sendiri yakin pelatih yang baru mengakhiri masa kontraknya bersama Persija Jakarta pada awal Agustus mendatang itu pasti ke Persib.

Menurut Umuh, saat ini RD memang tengah fokus bersama timnas yang akan berlaga melawan Turkmenistan pada laga pertama babak pertama kualifikasi Piala Dunia 2014 Zona Asia, 24 Juli mendatang.

Begitupun soal kegelisahan RD yang masih menunggu keputusan PSSI terkait kontraknya sebagai asisten pelatih timnas Indonesia senior dan pelatih kepala timnas U-23 yang diproyeksikan untuk SEA Games 2011.

Baru-baru ini RD mengaku belum memperoleh kepastian tegas dan resmi dari PSSI terkait status kontraknya. “Saya belum bisa pastikan apakah dengan status saya sekarang sebagai staf pelatih di timnas memungkinkan saya untuk melatih di klub atau tidak,” ucap RD beberapa waktu lalu.

PSSI memang belum memastikan berapa lama RD akan dikontrak sebagai asisten pelatih timnas. Menurut RD, hal itu dimungkinkan karena kondisi PSSI saat ini masih dalam proses peralihan dari pengurus lama ke pengurus baru di bawah pimpinan Djohar Arifin Husin.

RD mengatakan, butuh kepastian durasi kontrak dari PSSI. Sebab jika hanya dikontrak sampai SEA Games 2011 selesai, ia harus segera menentukan karier kepelatihannya. "Saya tentu tidak ingin menganggur, karena itu, kepastian soal durasi kontrak di timnas cukup saya perlukan,” cetus RD.

Namun, baru-baru ini INILAH.COM mendapat pengakuan dari Umuh soal kesepakatan kontrak yang telah dijalankan dengan pelatih baru itu. Dari 11 kandidat pelatih yang melamar ke Persib, kata Umuh, manajemen sudah memilih salah satunya.

Disinggung soal kemungkinan yang dipilih itu adalah RD, dia tidak menampiknya. Menurut Umuh, pihaknya sudah menjalin kesepakatan nilai kontrak tersebut. Saat ini, lanjut Umuh, pelatih baru itu tinggal membubuhkan tandatangannya saja sebagai kepastian resmi dikontrak Persib.

""Saat ini saya masih belum bisa menyebutkan nama pelatih itu, silakan di luaran sana berspekulasi, mau RD (Rahmad Darmawan) atau Daniel Roekito. Yang pasti pelatih baru itu akan membawa asistennya sendiri, dan itu sudah dipastikan," kata Umuh, kepada INILAH.COM, Selasa (19/7/2011).

Saat disinggung kembali nama RD yang saat ini tengah menunggu keputusan dari PSSI soal kontrak kerjanya bersama timnas, Umuh mengatakan, RD sudah dipastikan bisa melatih klub, meski saat ini dia sibuk bersama timnas.

"Saya dengar RD itu hanya akan dipakai timnas hingga September saja. Setelah itu dia diperbolehkan untuk menangani klub Liga Super. Untuk Persib tunggu saja, pekan depan pasti akan kita umumkan," ungkap Umuh.

Dengan begitu, semua spekulasi yang tengah mengalir di beberapa media lokal maupun nasional soal masa depan RD selanjutnya terjawab sudah. Pelatih yang pernah membawa Persipura Jayapura dan Sriwijaya FC meraih gelar juara LSI masih berpeluang melatih klub LSI, termasuk Persib.

Patut disimak, siapa dari 11 calon pelatih Persib yang akan terpilih dan diumumkan pekan depan itu. Raja Isa, Steve Darby, Alfred Riedl, Misha Radovic, Robert Rene Albert, Daniel Roekito, Herry Kiswanto, atau Rahmad Darmawan*

Tidak ada komentar:

Posting Komentar